CIPROFLOXACIN

Generik : 

Ciprofloxacin / Siprofloksasin

Obat Bermerek : 

Bactiprox, Baquinor, Bernoflox, Bidiprox, Cetafloxo, Ciflos, Ciprec, Ciproxin, Civell, Coroflox, Corsacin, Cylowam, Disfabac, Etacin, Floksid, Floxbio, Floxifar, Floxigra, Girabloc, Interflox, Isotic Renator, Jayacin, Kifarox, Lapiflox, Licoprox, Meflosin, Mensipox, Nilafolx, Poncoflox, Proxcip, Proxitor, Qinox, Quamiprox, Qidex, Quinobiotic, Renator, Rindoflox, Scanax, Siflox, Tequinol, Vidintal, Viflox, Vioquin, Violinol, Wiaflox, Ximex Cylowam, Zumaflox

KOMPOSISI

Tiap tablet salut selaput Ciprofloxacin mengandung siprofloksasin hidroklorida monohidrat yang setara dengan siprofloksasin 500 mg.

FARMAKOLOGI 

  • Ciprofloxacin merupakan antibiotik sintetik golongan quinolone yang bekerja dengan menghambat DNA-girase. Ciprofloxacin efektif terhadap bakteri yang resisten terhadap antibiotika lain misalnya penisilin, aminoglikosida, sefalosporin dan tetrasiklin. Ciprofloxacin efektif terhadap bakteri gram-negatif dan gram-positif.

INDIKASI

Indikasi antibiotik Ciprofloxacin adalah pengobatan infeksi yang disebabkan oleh kuman patogen yang peka terhadap siprofloksasin pada infeksi berikut ini :

  • Infeksi saluran kemih (kecuali prostatitis)
  • Uretritis dan servisitis gonore
  • Infeksi saluran pernafasan kecuali pneumonia oleh streptokokus
  • Infeksi kulit dan jaringan lunak
  • Infeksi tulang dan sendi
  • Infeksi saluran pencernaan termasuk demam tifoid dan paratifoid

KONTRAINDIKASI

Kontraindikasi Ciprofloxacin adalah penderita yang hipersensitif terhadap siprofloksasin atau hipersensitif/alergi terhadap antibiotik golongan quinolone lainnya, wanita hamil atau menyusui, anak-anak dan remaja yang masih dalam masa pertumbuhan.

DOSIS DAN ATURAN PAKAI

  • 2 kali sehari 100-750 mg.
  • Gonore akut : dosis tunggal sebesar 250 mg.
  • Kurangi dosis jika klirens kreatinin kurang dari 20 ml/menit.
  • Sistitis akut : 2 kali sehari 100 mg selama 3 hari.

EFEK SAMPING

  • Dapat terjadi keluhan pada saluran pencernaan seperti mual, diare, muntah, dispepsia, sakit perut, kembung dan anoreksia.
  • Dapat terjadi gangguan SSP seperti pusing, sakit kepala, rasa letih.
  • Jarang terjadi gangguan penglihatan.
  • Efek Ciprofloxacin terhadap darah dapat terjadi eosinofilia, leukositopenia, leukositosis, anemia.
  • Reaksi alergi atau hipersensitivitas terhadap Ciprofloxacind dapat berupa ruam/reaksi kulit.
  • Pada penderita gangguan fungsi hati, dapat meningkatkan serum transaminase.
  • Bila terjadi efek samping konsultasikan dengan dokter.

PERHATIAN

Hati-hati bila diberikan pada usia lanjut, epilepsi, penderita SSP serta gangguan fungsi ginjal. Untuk menghindari terjadinya kristaluria maka harus diminum dengan air yang cukup. Selama minum obat ini tidak boleh mengendarai kendaraan bermotor atau menjalankan mesin terutama bila diminum dengan alkohol.

INTERAKSI OBAT

Penyerapan Ciprofloxacin dipengaruhi oleh antasida yang mengandung aluminium hidroksida atau magnesium hidroksida. Bila Ciprofloxacin diberikan bersama teofilin, akan terjadi peningkatan kadar teofilin dalam plasma yang tidak diinginkan. Apabila pemberian bersamaan dengan teofilin tidak dapat dihindari, maka konsentrasi teofilin dalam plasma harus dimonitor, bila perlu dosis teofilin dikurangi. Hindarkan pemberian bersama dengan probenesid dan antikoagulan kumarin.

KEMASAN

Ciprofloxacin, tablet, Dus, @ 50.

Posted on 08 Desember 2012, in Anti Infeksi, Drug List and tagged . Bookmark the permalink. 57 Komentar.

  1. Saya minum floxifar 2 tablet sekaligus,
    ,
    dampak bagai mana nih,.?!
    ,
    mohon di jawab secepat nya,.

    • dr.Rozi Abdullah

      Tidak berbahaya karena masih dlm batas dosis maksimum (3 x 1tablet 500mg = 1500mg per hari), sebaiknya sesuai dosis yg dianjurkan

  2. Sebenar’ nya saya meng’konsumsii obat ini di anjur’kan oleh petugas apoteker yg Keluhan saya Ceritakan pada nya,
    kata dia,
    2X1 Sehari, (Strip pertama)
    ,
    Tapi, keluhan saya belum hilang,
    ahir nya sya tambah sendiri menjadi 3X1 sehari,( strip kedua)
    Namun msh belum Hilang juga keluhan saya,.
    ,
    Dan saking kesel nya,.
    Yg ( strip ke3_ ini sya Naikan Dosis nya sndri mnjadi 2 tablet skali minum,.)
    ,
    inti nya saya mau nanya,
    obat sakit kencing yg di sertai nanah apa yg ampuh apa,.?
    ,
    kondisi ini sdh 1 bLn,.

    • dr.Rozi Abdullah

      Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter, perlu injeksi antibiotik dosis tinggi, kebanyakan antibiotik sdh mulai resisten, dan jangan mengulangi kembali perbuatan berisiko yg menularkan penyakit kelamin..

  3. apakah boleh doksisiklin di kombinasi dngan cyproflosasin???
    soalny kadang2 penis saya msh ngeluarin cairan bening tp tidak terasOfloxacin a sakit,,, mohon pencerahannya dok

  4. Mohon bantuan nya dok untuk penyakit GO antibiotik yg cocok apa dan berapah harga nya saya baru mengalaminya
    Mohon bantuan nya dok

  5. Setelah mengkonsumsi obat ini timbul ruam, bolehkah dihentikan??

    • dr.Rozi Abdullah

      Berarti ada reaksi alergi terhadap Cipro, hentikan dan coba antibiotik jenis lain seperti amoxicilin, cefadroxil, atau cefixime

  6. Dokter,lagi hamil minum ciprofloxacin 500mg efeknya apa ya sok?

    • dr.Rozi Abdullah

      Ciprofloxacin termasuk kategori C pada ibu hamil, jd cukup beresiko terhadap bayi, bbrp kemungkinan yg bisa terjadi seperti gangguan pertumbuhan, atau bahkan kecacatan pada bayi, sangat disarankan menggunakan antibiotik yg aman pd ibu hamil seperti amoxicilin atau cefadroxil..

  7. Sugeng Ngasto

    dokter, saya sedang mengalami abses ringan, pada pemeriksaan pertama di beri resep ibuprofen dan ciprofloxacyn masing masing 3×1, setelah minum mata saya jadi bengkak, sehingga pemakaian ciprofloxacin saya hentikan dan saya tetap minum yang ibuprofen. pada pemeriksaan kedua diberi resep clindamycin dan ibuprofen masing masing 3×1, pertanyaan saya bolehkah minum ciprofloxacin bersamaan dengan clindamycin. terima kasih

    • dr.Rozi Abdullah

      Kemungkinan anda alergi dg salah satu obat, bisa jadi ciprofloxacin, atau ibuprofen, mungkin anda bisa memperkirakan terhadap obat apa anda alergi, atau jika ragu bisa ditinggalkan keduanya, ibuprofen tujuannya utk menghilangkan nyeri dan menurunkan demam, jika anda tdk demam, clindamisin saja sudah cukup untuk mengobati abses, jika demam bisa ditambahkan paracetamol,

      Sebagai tambahan, abses mengandung nanah, jika abses bertambah besar nanah tsb bisa menghalangi antibiotik utk mencapai jaringan yg terinfeksi, sehingga kadang kala diperlukan pembedahan ringan (insisi) utk mengeluarkan nanah tsb agar antibiotik bisa bekerja lebih efektif, silahkan diskusi dg dokter anda jika abses makin besar, apakah diperlukan tindakan insisi pada abses anda..

  8. Selamat siang, dokter saya ingin bertanya.. sekitar 3 hari yang lalu saya bangun tidur dengan posisi celana dalam yang lumayan sempit dengan penis yang tegang ditambah lagi tidur saya waktu itu posisi tengkurap, lalu setelah itu yang saya rasakan sedikit gk enak waktu buang air kecil, lalu keesokan harinya pipis saya sakit, dan setelah kencing mengeluarkan cairan putih kekuningan seperti nanah.. yang saya mau tanyakan apakah itu GO atau hanya infeksi pada saluran kencing? saya tidak ada melakukan hubungan seks sebelumnya. dan apakah cocok untuk menggunakan ciprofloxacin ? terima kasih dok.. =))

    • dr.Rozi Abdullah

      Infeksi GO baru bisa dirasakan 2-10 hari setelah infeksi ( berhubungan dg sumber infeksi), adanya cairan putih keluar dari saluran kemih lebih identik dg GO, namun bisa juga disebabkan oleh sumber infeksi lainnya, saudara boleh mencoba menggunakan ciprofloxacin 5-7 hari, namun jika tidak ada perubahan sebaiknya memeriksakan diri ke dokter Sp Kulit Kelamin atau dokter umum

  9. apakah GO dapat dituntaskan sampai bakterinya samasekali tidak ada d tubuh???

    • dr.Rozi Abdullah

      bisa , denagn pengobatan yang tepat GO bisa disembuhkan secara total, agar tidak kambuh anda harus menghindar sumber penyakit tsb

  10. Assalamualaikum..
    dokter..
    berapa dosis ciprofloxacin yang harus di berikan pada pasien umur 60 th dengan jumlah kreatinin 3,5 mg/dl..?

  11. dok, saya mendapat resep dari dokter 3×1 parasetamol, 3×1 ranitidin dan 3×1 cipro, malam hari setelah periksa, saya minum obatnya, belum ada reaksi apa2.. esok harinya baru mulai terasa gatal, saya minum obatnya lagi, muncul ruam di wajah saya dok, akhirnya sy konsul dengan teman mama sy yg juga seorang dokter, katanya kemungkinan sy alergi cipro, sy disarankan menghentikan minum obat tsb, sudah 2 hari ini saya tidak minum cipro, tapi ruam di wajah kok belum hilang dok? gatal sudah berkurang tapi kadang2 masih terasa gatal.. apakah sy benar alergi cipro atau bagaimana dok?

    • dr.Rozi Abdullah

      DIantara ketiga obat ya yang saudara minum, kecendrungan alergi terhadap cipro memang lebih tinggi, tapi tidak meutup kemungkinan alergi dengan paracetamol dan ranitidin, jika anda alergi obat dan sudah menghentikannya, butuh beberapa waktu agar obat tsb dikeluarkan dari peredaran darah anda, jadi reaksinya bsa terjadi beberapa waktu, kecuali anda menambahkan obat anti alergi, sehngga reaksi alergi tsb bisa ditekan

  12. dok jika ofloxacin dan ciprofloxacin diminum bersamaan efek sampingnya apa ya dok… ?

    • dr.Rozi Abdullah

      tidak mengapa jika tdk digunakan utk jangka panjang, namun tdk kombinasi antibiotik seperti ini td efektif, cukup salah satu saja…

  13. Dokter, jika sedang hamil minum baquinor forte 500 mg dan mefinal 500 mg efek sampingnya apa ya? trimakasih

  14. Dok,,,saya ♏äƱ tanya. Saya periksa kedokter untuk keluhan keputihan + gatal dan sakit ketika buang air kecil. Lalu dokter memberikan obat griseofulvin 3×1, metronidazol 500mg 3×1 dan ciprofloxacin 500mg 2×1. Tp ketika baru 2x minum saya merasa mual sampai ingin muntah, pusing dan badan lemas sampai tidak kuat bangun. Apakah itu efek samping dari salah satu obat yg saya minum dan apakah saya harus ttp meminum obt trsebut sampai habis tp dgn keadaan badan saya yg sprti itu atau bagaimana dok,,,mhn dibantu

    • dr.Rozi Abdullah

      kemungkinan penyebabnya Griseofulfin dg dosis yg tinggi, utk infeksi biasa cukup 1×1, dan antibiotik cukup salah satu saja Metronidazol atau Ciproflosasin

  15. Dokter, saya baru selesai oprasi tumor payudara. Saya diberi obat ciprofloxacin dan asam mefenamat. Lha kok gigi saya sakit banget. apa itu termasuk efek samping dok ?

    • dr.Rozi Abdullah

      tidak ada hubungannya, kemungkinan sakit gigi anda disebabkan oleh penyebab lain, justru obat tsb (asam efenamat) bisa mengurangi nyeri pada gigi anda

  16. Boleh ga dok..cipro dikonsumsi bareng chloram??

  17. siang dok, saya mengkonsumsi obat ciprofloxacin ini atas anjuran seorang dokter.
    tapi baru 1 tablet saya konsumsi, saya langsung alergi sampai wajah saya bengkak dan bentol2 disekujur tubuh, saya kemudian diberikan obat anti alergi baik injeksi dan oral, saya bahkan sempat diopname…
    skrg tepat 1 minggu stlh saya mengkonsumsi obat anti alergi ecara oral, tapi kulit saya yang memerah dan rasa gatal yg saya alami tidak menghilang,
    kenapa seperti itu dok?

  18. siang dok, saya mengidap penyakit cacar air obat apa ya yang cocok biar bisa cepat kering cacar airnya dok…

  19. dok. klw konsumsi obt ciprofloxacin ny 3×1 500mg, efek sampingnya apa ya

  20. PAGI DOK, SAYA ADA KELUHAN PENIS SAYA BAGIAN UJUNG DALAM KOK GATAL UDAH UDAH BEBERAPA HARI, KIRA-KIRA SAYA SAKIT APA YA?? saya udah minum obat cipro dan tetrasiklin tp masih aja gatal

  21. Dok boleh gak parasetamol diminum bersamaan dengan ranitidin sesudah makan

  22. Dok, saya diminta dokter spesialis THT untuk stop meminum ciprofloxacin, apakah berbahaya ? karena setahu saya antibiotik hrs habis

  23. Historicalnya spt ini Hidung saya mimisan di sudah 3 hari, hari pertama saya mimisan langsung ke dokter umum dan diberikan ciprofloxacin, sudah 3 tablet saya konsumsi sampai hari ke 3 masih mimisan kemudian dokter umum menyarankan untuk rujuk ke tht, nah si dokter tht malah minta saya stop obat antibiotik cipro nya, setahu saya kalo antibiotik di stip (tdk dihabiskan sistem imun dalam tubuh akan berdampak buruk), mohon pencerahannya dok

  24. Dok, saya dapat obat dari slh satu penjual obat herbal, tablet putih merk nya nova cipro,.. itu jenis obat apa ya dok?

  25. Dok, pasangan saya kemungkinan terkena isk, dy hanya pernah berhub dg saya, jd pasti tertular dri saya krn wkt itu memang ketika berhub saya sedang infeksi pasca keguguran, tp anehnya saya tdk menunjukkan gejala isk hanya keputihan berlebih, apakah saya jga perlu minum cipro? mohon bantuannya

  26. dok , saat ini saya sedang hiperhidrosis .. kemudian dokter memberikan resep obat Ciprofloxacin dan Hufanoxil .
    Apa khasiat & reaksi dr obat ini ? Dan berapa lama proses penyembuhan nya ?
    Tks

  27. dokter kalau saya biasa pakai amoxicilin 3x500mg perhari kalo infeksi, skrg klo mau pakai cipro utk infeksi ginjal dosis sebaiknya brp dan brp lama pemakaiannya/ trm ksh dok

  28. Dokter yg baik aku minum cipro 500mg berbarengan dengan teosal, karena saya punya asma apakah boleh?

  29. Saya didiagnosa demam tifoid dan diresepkan cotrimoksazole 2×1. Sudah dua hari dan belum ada perubahan, bisakah sy kombinasikan dgn kloramfenicol?? Bagaimana amannya?

  30. dok apakah paracetamol 500 mg boleh diminum bersamaan dengan amoxilin 500 mg

  31. Nice info dr.. benar2 sgt bermanfaat postingannya

    Inject Indosat 24 Jam NonStop No Limit Terbaru nya

  32. met sore dok… boleh numpang tanya..?

  33. saya alergi Obat ciprofloxacin itu disebabkan karena apa dok..?

  34. Dok..Sy ibu menyusui, saat ini sy lagi sakit radang tenggorokan. Obat apa yang harus sy konsumsi ya dok. Biasanya dlu klo trkena radang tenggorokan minum ciproflocaxin lnsung smbuh tp skrg kondisinya sy lg menyusui. Mohon sarannya dok, obat apa yg aman buat sy yg lg menyusui.

  35. Misi dok.
    Mau nanya.
    Kalau misalkan sebelumnya diresepkan antibiotik oleh dokter (metronidazole), dan obat itu belum habis (baru diminum sehari), kemudian dokter meresepkan lagi antibiotik yg lain (ciprofloxacin), apakah antibiotik yg sebelumnya sy hentikan saja atau tetap diminum?
    Mohon penjelasannya dok.
    Terimakasih

  36. dok, saya sakit gigi, terus gusinya agak bengkak, dokter yang memeriksa meresepkan Ramavex, alphamol, dan selkom. 3×1 d minumnya…di antara ketiganya yang mana dok obat pereda bengkak dan sakit gigi saya…pliz informasinya obat apa lagi yg bisa d pakai untuk sakit gigi yg d sertai bengkak gusi…maksih

  37. Dok, saya mau tanya saya kencing sakit, dari tdi malam kondisinya smakin parah, keluar nanah smakin banyak, kmarin sampai hari ini saya knsumsi amoxilin 500gr & cipro 500gr, apa obat itU di anjurkan?

  38. saya penderita penyakit raja singa… bsa tdk saya mnum obat ini?

  39. Assalamualaikum dok.
    Ini saya yoghy dok, saya mau nanya ttg pada penyakit GO.
    Saya sudah berobat di Klinik terdekat dan saya terkena GO.
    Dan saya di kasih obat Urogetix dan Hufaflox, apa kah obat ini memang bisa menyembuhkan? Saya baru mnum 1 hari blm ada reaksi dok.
    Mnta jawabannya dok.
    Makasih

  40. Dokter Yth, jika alergi dg Ciprofloksasin apakah aman jika menggunakan Norfloksasin? Terima kasih.

  41. Maaf mau tnya. kmrn tmn sya periksa Radang Non Spesifik dberi obat CIPROFLOXACIN. setelah dminum mata jdi bengkak krn alergi obat tersebut. klo blh tau bsa diganti obat apa agr bsa smbuh?

  42. saya terkena sipilis bagai dosis pengobatannya terhadap ciproploksasin ?

  1. Ping-balik: Celana Hamil Merk Grace - Tips Celana Wanita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: